rss
twitter
    follow me in twitter :D

Tuesday, March 27, 2012

Indonesia Harus Menjadi Bangsa Yang Mandiri

Isu tentang kenaikan BBM sudah semakin menjadi di setiap provinsi indonesia, demanstrasi dan aksi bagi kaum mahasiswa, LSM , buruh dan masyarakat miskin kota juga semakin meningkat paska sebelum di tetapkanya kenaikan BBM pada 1 april nantinya.

Kebijakan pemerintah dengan menaikan BBM dan mencabut subsidi bagi rakyat merupakan kebijakan yang tidak pro sama sekali terhadap rakyat. Kebijakan yang di buat oleh pemerintah hanya menambahkan permasalahan bagi rakyat, khususnya rakyat yang tidak mampu. Memang, harga yang di naikan pemerintah sebesar 1500 adalah harga yang sangat sedikit.meskipun nominal angka yang di naikan oleh pemerintah itu sedikit, tapi di sisi lain memberi dampak yang signifikan bagi kehidupan sosio ekonomi masyarakat.

Kebijakan pemerintah terkait menaikan harga BBM juga sangat tidak masuk akal, dengan mematok harga minyak dunia, pemerintah lebih mengorbankan rakyatnya sebagai objek imperealisme baru yang ada dalam negara sendiri, dan lebih yang lebih meng herankan lagi adalah bahwa yang  melakukanya imperialisme tersebut adalah oknum elit elit pe merintah negri ini sendiri. Pemerintah negri ini lebih percaya terhadap perusahaan perusahaan luar dalam membuat kebijakan untuk rakyatnya. Sehingga ukuran harga minyak internasional lebih di patuhi pemerintah dari pada bekerja mandiri tanpa intervensi dari pihak luar.

Dalam aturan pemerintah tahun 2004 no 36 pasal 27 ayat 1 menyebutkan, bahwa harga bahan bakar minyak dan gas bumi, kecuali gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil di serahkan pada persaingan usaha yang wajar sehat dan transparan.dalam aturan yand di buat oleh pemerintah ini, secara tidak langsung pemerintah telah melegalkan perusahaan perusahaan lain luar negeri untuk mengambil alih memprivatisasi bahkan mengelolala peruahaan indonesia terakit dalam upaya untuk mensejahterhkan rakyatnya. Namun apakah akan sejahtera bila semuahal yang berhubungan dengan kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah oleh rakyatnya menggantung atau di  tumpangi oleh pihak lain.?? Tentunya akan menjadi sebuah bentuk dominasi dan ketergantungan bagi negara ini sendiri.

Coba kita berfikir sejenak mengenai efek kenaikan BBM ini terhadap rakyat miskin khususnya pada kehidupan sisio ekonomi masyarakat. Dengan adanya kenaikan BBM akan menimbulkan sebuah efek domino pada lapisan masyarakat akar rumput. Pertama mungkin akan terjadi kejahatan kejahatan baru dalan jual beli minyak bensin. Masyarakat akan berfikir ulang bagai mana cara agar pekerjaan menjual bensin itu efesien sedemikian rupa, maka secara tidak langsung, penjual bensin di toko toko kecil akan melakukan pengoplosan bensin atau mencampuri bensin tersebut dengan air untuk se efesian mungkin. dan tentunya kerugian akn lebih banyak d dapati oleh si pembeli.belum lagi efek yang terjadi pada pasar mengenai harga bahan pokok rumah tangga,pastinya akan mengalami kenaikan pada masing masing barang dan menjadi beban berat bagi masyarakat miskin.

Maka untuk itu, pemerintah sebaiknya berfikir ulang kembali tentang kenaikan harga BBM ini. Alasan pemerintah dengan menaikan harga BBM karena jebolnya APBN  adalah bohong. Dalam kalkulasi yang sesungguhnya di jelaskan oleh bapak kwik, sebenarnya pemerintah tidak rugi ,tanpa menaikan BBM pun negara ini mempunyai keuntungan yang meraup sekitar 97 , sekian triliun rupiah. Namun lagi lagi alasan pemerintah setelah sudah jelas alasan yang di lontarkan alasan yang lainpun muncul, laba ini untuk menambal hutang hutang negara. Memang benar apa yang di katakan pemerintah bahwa negara punya utang dan lain sebagainya. Namun paling tidak yang harus di lakukan pemerintah kan tidak harus selalu mengorbankan rakyatnya.

Maka dalam kasus ini setidaknya indonesia  khususnya pemerintah harus mencontoh kinerja baiknya negara negara timur dalam mengelola minyak buminya. Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan  yang mempunyai begitu banyak sumber daya alam bahkan miyak pun tidak kalah banyak dengan negara negara timur,mungkin porsi tahun habisnya aja yang berbeda.contoh yang bisa diambil adalah sebuah kemandirian di negara arab dan negara lain yang mengkonsumsi minyaknya sendiri tanpa campurtangan pihak asing . Negara Negara seberti arab, india, venezuela dll, mereka lebih memilih mandiri untuk mengelola hasil buminya ketimbang di intervensi oleh pihak luar.sebab apabila suatu negara sudah di intervensi oleh pihak lain, kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah saat itu tidak murni kebijakan dari pemerintah.dan bisa dikatakan itu adalah wujud interfensi dari pihak luar. ws

No comments:

Post a Comment